Minggu, 13 September 2020

C. Pengertian Slot Ekspansi Dan Jenis - Jenis Slot Ekspensi , beserta contoh gambar

 

PENGERTIAN SLOT EKSPANSI

Slot Ekspansi adalah Suatu papan sirkuit yang terintegrasi dengan motherboard dan digunakan untuk menancapkan komponen tambahan komputer yang berupa kartu ekspansi seperti VGA Card, Sound Card, LAN Card dll. Slot Ekspansi juga disebut dengan nama socket.

Fungsi Slot Ekspansi adalah tempat untuk menancapkan komponen tambahan komputer.dan untuk mengembangkan tingkat performance pada komputer sesuai dengan perkembangan teknologi.komunikasi dan lalu litas data di dalam motherboard yang berada di dalam saluran bus.

PENGERTIAN KARTU EKSPANSI

Kartu Ekspansi adalah suatu peripheral yang ditancapkan pada motherboard lebih tepatnya dipasangkan pada slot ekspansi.

Kartu Ekspansi berfungsi sebagai komponen tambahan untuk menambah kinerja komputer menjadi lebih cepat (High Performance).

JENIS-JENIS SLOT EKSPANSI

SLOT AGP (ACCELERATED GRAPHICS PORT)

Slot AGP adalah slot yang bekerja kusus sebagai pendukung kartu grafis berkinerja tinggi, menggantikan bus ISA, bus VESA atau bus PCI yang sebelumnya digunakan.
Slot AGP pertama kali diciptakan oleh Intel dalam seri chipset Intel 440 pada Juli tahun 1996.  Slot AGP bersifat independen dari PCI yaitu hanya dapat bekerja pada slot AGP saja.
Pengertian Slot Ekspansi, Jenis-Jenis Slot Ekspansi.
Slot AGP biasanya memiliki warna berbeda dan terletak satu inci dibawah slot PCI. AGP 2.0 terkini menetapakan interface yang mendukung 1x dan 2x kecepatan pada 3.3V dan 1x, 2x dan 4x kecepatan pada sinyal 1.5V. AGP 3.0 adalah spesifikasi paling baru yang dapat menentukan skema sinyal baru untuk 4x dan 8x kecepatan pada tingkat sinyal .8V. AGP 3.0 mengirimkan lebih dari 2.1 GB/detik dari bandwidth (lebar pita) untuk mendukung aplikasi yang penuh dengan grafik, termasuk foto dan video digital.

SLOT ISA (INDUSTRY STANDARD ARCHITECTURE)

Slot ekspansi tertua yang disebut Slot ISA adalah slot ekspansi 8-bit memiliki kecepatan transfer 4.77 Mbyte/detik atau8.33 Mbyte/detik. Meskipun  kecepatani transfer rate yang rendah, ISA mencukupi kebutuhan saat itu, karena bus-bus I/O semacam serial port, parallel port,kontrolir floppy disk, kontrolir keyboard dan lainnya juga memiliki kecepatan yang rendah. Slot ISA memiliki 62 konektor. Meski desainnya sederhana, IBM tidak langsung mempublikasikan spesifikasinya saat diluncurkan IBM PC 5150 pada tanggal 12 Agustus 1981, tapi harus menunggu hingga tahun 1987, sehingga paramanufaktur perangkat pendukung agak kerepotan membuat perangkat berbasis ISA 8-bit dan slot ISA 16-bit dengan nilai transfer rate 2 MB/sec yang dikembangkan oleh IBM yang diperkenalkan pada tahun 1984, ketika IBM merilis IBMPC/AT dengan mikroprosesor Intel 80286. Slot ISA 16 bit di kembangkan dengan menambahkan 36 konektor dari konektor sebelumnya dan sekarang menjadi 96 konektor yang pertama kalidiluncurkan pada Agustus tahun 1984.

Pengertian Slot Ekspansi, Jenis-Jenis Slot Ekspansi.

Tahun 1987, IBM memperkenalkan bus Extended ISA (EISA) 32-bit, yang memuat chip Pentium. EISA menjadi cukup dikenal di pasar PC. Pada era sekarang slot ISA digantikan oleh slot PCI dalam sistem yang baru dan sulit ditemukan pada motherboard Pentium 4 keatas, namun masih kebanyakan motherboard masih mengikutkan satu atau dua slot ISA untuk kompatibilitas kembali dengan kartu ekspansi yang lama.

SLOT PCI (PERIPHERAL COMPONENT INTERCONNECT)

Standar bus PCI inidikembangkan oleh konsorsium PCI Special Interest Group yang dibentuk oleh IntelCorporation dan beberapa perusahaan lainnya, pada tahun 1992. Tujuan dibentuknya bus ini adalah untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang sebelumnya digunakan dalamkomputer IBM PC atau kompatibelnya.Komputer lama menggunakan slot ISA, yang merupakan bus yang lamban. Sejak kemunculan-nya sekitar tahun 1992, bus PCI masih digunakan sampai sekarang, hinggakeluar versi terbarunya yaitu PCI Express (add-on). Tujuan utama bus PCI adalah untuk memungkinkan akses langsung ke CPU untuk peranti seperti memori dan video.
Pengertian Slot Ekspansi, Jenis-Jenis Slot Ekspansi.

Untuk struktur bus umumnya PCI dapat dikonfigurasikan sebagai bus 32 bit atau 64 bit. Sedangkan setiap transfer data pada bus PCI merupakan transaksi yang terdiri dari fase alamat dan fase data.

SLOT PCI EXPRESS

PCI Express (PCI-E/PCIex) adalah slot ekspansi module, di desain untuk menggantikan PCI bus yang lama. PCI Express memiliki transfer data yang lebih cepat, terutama untuk keperluan grafis 3D. Slot ini memiliki kecepatan 1x, 2x, 4x, 8x, 16x and 32x, tidak seperti PCI biasa dengan sistim komunikasi paralel. PCI Express menggunakan sistem serial dan mampu berkomunikasi 2 kali (tulis/baca) dalam satu rute clock.

Pengertian Slot Ekspansi, Jenis-Jenis Slot Ekspansi.

Pengertian Slot Ekspansi, Jenis-Jenis Slot Ekspansi.


SLOT EISA (ENHANCED INDUSTRY STANDARD ARCHITECTURE)

Bus EISA pertama kali diperkenalkan pada September 1988 sebagai respons dari peluncuran bus MCA oleh IBM, mengingat IBM hendak "memonopoli" bus MCA dengan mengharuskan pihak lain membayar royalti untuk mendapatkan lisensi MCA. Compaq Computer Corporation juga termasuk salah satu vendor yang menyumbang terbesar dan pembentuk organisasi nonprofit  EISA Committee untuk mengatur pengembangan bus EISA.

EISA lebih banyak digunakan dalam sistem server. Karena slot ini memang sengaja diperuntukkan untuk meng-handle pekerjaan yang lebih berat dari ISA. EISA memiliki fitur bus mastering yang dapat membuatnya bekerja tanpa membebani kerja CPU. Contoh card yang menggunakan slot ini adalah SCSI card. Berhubung slot ini tidak mengganggu kerja CPU, maka slot ini cukup tepat untuk digunakan dalam meningkatkan kecepatan kerja komputer Anda.

SLOT PCMCIA (PERSONAL KOMPUTER MEMORY CARD INTERNATIONAL ASSOCIATION)

SLOT PCMCIA terpasang perangkat yang memiliki mobilitas tinggi, seperti notebook.  Namun, dengan perkembangan teknologi SLOT PCMCIA sekarang tersedia juga untuk PC dengan menggunakan interface 68 pin dan disediakan sebagai fitur ekspansi dari sebuah sistem.
Pengertian Slot Ekspansi, Jenis-Jenis Slot Ekspansi.
Slot PCMA memiliki beberapa tipe seperti :

Tipe 1

Berfungsi sebagai RAM atau flash memory dan memiliki ketebalan sebesar 3.3 mm. Tipe 1 sering terdapat pada PDA atau kamera digital.

Tipe 2

Berfungsi sebagai modem atau adapter dan memiliki ketebalan 5 mm dan biasanya.

 Tipe 3

Berfungsi sebagai alat tambahan seperti harddisk dan memiliki ketebalan 10.5 mm. Pada slot PCMCIA tipe 3 dapat digunakan pada peripheral dengan tipe slot 1 dan 2 karena setiap slot membutuhkan jalur komunikasi yang digunakan untuk menghubungkan card dengan CPU. Jalur komunikasi ini terdiri atas IRQ, DMA, dan memory address.

SLOT VESA (VIDEO ELECTRONICS STANDARD ASSOCIATION)

Slot VESA digunaka untuk keperluan grafis yang membutuhkan kecepatan tinggi, seperti video card. Transfer rate yang dimiliki oleh slot VESA  adalah 132 MB/sec. Pada dasarnya sama dengan ISA slot, namun VESA memiliki slot tambahan dibelakangnya sehingga total panjang yang dimiliki VESA lebih besar 4 inci dari ISA slot.

Sumber:http://mastukibps.blogspot.com/2017/02/pengertian-dan-jenis-jenis-slot.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJI KOMPETENSI ( Komputer Dan Jaringan dasar)

  A. Pilihan Ganda 1. Jenis jaringan Yang memiliki jangkauan paling sempit adalah ... Jawab : D. LAN Alasan : Karena Jaringan LAN merupakan ...